Powered By Blogger

Senin, 24 Desember 2012

SUHU OPTIMUM PROTEASE DARI JAHE MERAH


      Enzin merupakan biokatalisator yang dapat meningkatan kecepatan reaksi kimia tanpa mengalami perubahan dalam prosesnya. Enzim bekerja sangat spesifik, pada substrat tertentu mereka dapat bereaksi menghasilkan produk tertentu.
      Enzim protease adalah enzim golongan hidrolase yang akan memecah protein menjadi molekul yang lebih sederhana. Sumber protease yang telah diketahui adalah pepaya, fiscus, dan nenas (deMan,1997). Menurut Swacita (2005) rimpang jahe gajah mampu melunakkan daging sapi dan mempunyai aktivitas proteolitik, sehingga diduga didalam jahe gajah mengandung protease. Pada penilitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah pada rimpang jahe merah juga  mengandung protease, mengingat jahe gajah dan jahe merah hanya berbeda varietas sehingga diduga didalam jahe merah juga  mengandung protease.
      Pada penelitian ini juga dicari kondisi suhu optimum untuk kerja protease  pada jahe merah tersebut, oleh karena itu perlu untuk dilakukan penelitian suhu optimum dari kerja protease dari rimpang jahe merah.
Metode penelitian
Alat :
      Blender
      Sentrifius
      Tabung
      Spektronik 20D
      pH meter
      Inkubator
      Alat alat gelas

Bahan :
      Rimpang jahe merah
      NaHPO, NaHPO
      Asam Sitrat
      Natrium sitrat
      Bovine Serum Albumin (BSA)
      Reagen Folin Ciocalteu
      NaOH, CuSO, 5HO, NaCO

Prosedur penelitian
  1. Isolasi ekstrak kasar protease dari rimpang jahe merah.
            > Rimpang jahe merah sebanyak 100 g dicuci, dipotong potong dan di blender lalu di tambahkan 50 mL buffer pH 7 kemudian di sentrifugasi pada 6900 g selama 30 menit. Hasil tersebut merupakan ekstrak protein kasar dari rimpang jahe merah yang ekstrak proteinnya ditentukan oleh kadar protein dan aktivitas substrat BSA.
  1. Penentuan Kadar Protein Secara Lowry.
            > Cara ini ditentukan oleh metode lowry. Reagen yang digunakan adalah sebagai berikut :
            Larutan A : 0,5 g NaHPO, NaHPO; dilarutkan samapai 100 mL.
            Larutan B : 20 g NaCO; 4 g NaOH dilarutkan sampai 1 L.
            Larutan C : 1 mL Larutan A + 50 mL Larutan B.
            Larutan D : 1:1 Reagen Folin Ciocalteu : Air
3.         Penentuan Kadar Protein sampel.
            > Sampel sebanyak 1 mL di tambahkan larutan C lowry. Diindukasi didalam suhu kamar selama 10 menit , selanjutnya di tambahkan larutan D sebanyak 0,5 dan diinkubasi di dalam suhu ruangan selama 30 menit.
  1. Penentuan Suhu Kerja Optimum Enzim Protease Dari Jahe Merah.
            > Disiapakn 5 tabung reaksi masing masing diberi label suhu 30˚C, 40˚C, 50˚C, 60˚C, dan 70˚C, lalu masing masing tabung di beri 1 mg BSA dan ditambahkan buffer pH 7 sebanyak 10 mL. Dan diinkubasi masing masing suhu selama 10 menit. Setelah substrat memiliki suhu seperti yang  diinginkan lalu ditambahkan ekstrak protein enzim sebanyak 10 mg. Diinkubasi selama 1 jam kemudian dihitung kadar protein yang tersisa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar