Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Manfaat Mawar selain sebagai pemikat hati wanita



Selain indah dan semerbak baunya, ternyata mawar memiliki manfaat lain yang mungkin tidak kita duga. Berikut adalah beberapa manfaat bunga mawar dalam kehidupan.

Wangi Mawar sebagai parfum

Mawar tentunya memiliki kuntuman bunga yang terdapat sel-sel minyak didalamnya. Tak ubahnya pada tubuh manusia di mana sel-sel tersebut bekerja untuk mengalirkan darah dan sebagainya, begitupun adanya dengan sel-sel di dalam kuntum bunga,yang bekerja mengalirkan minyak bunga    ( flower oil ) yang harum baunya secara terus menerus dan tak pernah putus selama bunga itu belum layu. Minyak bunga ini mudah menguap, dan dihasilkanlah bau harum. Oleh karena itulah maka manusia,di masa lalu, memanfaatkan minyak bunga dari berbagai macam bunga untuk di jadikan minyak wangi.

Hampir semua kelompok tanaman mawar bisa digunakan untuk keperluan bahan baku parfum (yaitu dengan mengekstraksi minyak mawar) maupun untuk bahan baku obat, asalkan memenuhi syarat harus berbau wangi cukup kuat untuk bahan baku parfum.  Aroma harum dan zat terkandung di dalam mawar bisa mengurangi stress. Bahkan pengobatan ini sudah dilakukan oleh masyarakat Romawi kuno dan Yunani kuno, mawar menjadi pereda rasa cemas dan obat depresi.

Mawar menjaga kesehatan kulit

Hal ini dikarenakan di dalam mawar terdapat kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen yang berperan menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Sehingga dapat mencegah kerutan di kulit. Dalam bunga mawar juga terkandung asam lemak omega-3 dan omega-6 bisa bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit. Jika terkena efek kemerahan pada kulit karena pembesaran pembuluh kapiler, iritasi, ataupun luka bakar, bunga mawar bisa menyembuhkannya.

Mawar sebagai bahan baku obat

Di dalam bunga mawar tidak hanya terdapat vitamin C tetapi juga ada zat kimia lain yang terkandung didalamnya, antara lain tannin, geraniol, nerol, sitronelol, asam geranik, terpene, flavonoid, pektinm polyphenol, vanillin, karotenoid, stearopten, farnesol, eugenol, feniletilakohol, vitamin B, E, dan K.

Dengan banyaknya kandungan yang terdapat dalam bunga mawar, maka bunga mawar tersebut dapat dijadikan sebagai bahan baku obat, antara lain sebagai pengobatan aromaterapi, anti kejang, pengatur haid, menyembuhkan infeksi, menyembuhkan sekresi empedu, dan menurunkan panas badan. Selain itu, mawar dapat pula dijadikan sebagai antiseptic, pembunuh jamur candida albican penyebab keputihan, menambah daya tahan tubuh, mengobati gigitan serangga berbisa, dan juga sebagai anti acne (mencegah jerawat).

Mawar zat pewarna alami

Di dalam Bunga mawar terdapat Antosian, yang merupakan salah satu zat pewarna alami berwarna kemerah-merahan yang larut dalam air dan tersebar luas di dunia tumbuh-tumbuhan. Zat warna ini banyak diisolasi untuk digunakan dalam  beberapa bahan olahan, makanan maupun minuman. Pada kondisi asam, antosianin akan lebih stabil dibandingkan dengan pada kondisi basa atau netral.
Antosianin juga tergolong senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan alami. Selain itu, antosianin mampu menghentikan reaksi radikal bebas dengan menyumbangkan hidrogen atau elektron pada radikal bebas dan menstabilkannya. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya 2 cincin benzena yang dihubungkan dengan 3 atom C dan dirapatkan oleh 1 atom O sehingga terbentuk  cincin diantara 2 cincin benzena pada antosianin.

1 komentar:

  1. blognya bagus.....
    tapi sayang materi yang saya cari tidak ada di blog anda
    terima kasih

    BalasHapus