Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Manfaat Kangkung Air



Kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk), juga dikenal sebagai Ipomoea reptans Poir merupakan sejenis tumbuhan yang termasuk jenis sayur- sayuran yang banyak mengandung senyawa kimia dan ditanam sebagai makanan dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai dikawasan berair.
Nilai nutrisi 100 gram kangkung yang direbus tanpa garam adalah air 91,2 gr, energi 28 kcal, protein 1,9 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 5,63 gr, serat 2 gr, dan ampas 0,87 gr.Kangkung juga memiliki kandungan mineral, vitamin A, B,C, asam amino, kalsium, fosfor, karoten, dan zat besi.
Karena berbagai kandungannya itulah, kangkung memiliki sifat sebagai:
1.    antiracun
2.    diuretik (pelancar kencing),
3.    antiradang,  
4.    sedatif (penenang/obat tidur),
5.    menghentikan perdarahan (hemostatik),
Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Nilai gizi / komposisi kimia organisme berbeda-beda. Hal ini ditentukan oleh jenis dan habibat organisme tersebut. Kangkung dapat menghasilkan energi sebesar 475 kalori/gram
Kandungan gizi kangkung berbeda-beda tergantung dari jenis,habitat dan fase serta umur dari kangkung tersebut. Zat gizi merupakan senyawa kimia yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Zat gizi berperan dalam penyediaan energi, proses pertumbuhan, perbaikan jaringan, pengaturan serta pemeliharaan proses fisiologis dan biokimiawi di dalam tubuh. Zat gizi diklasifikasikan dalam 6 kelompok besar, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air (Winarno 2008). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.
Resep berkhasiat dari kangkung, yaitu:
Mengurangi Haid
Daun kangkung (kira-kira setengah kilogram) dicuci dan ditumbuk halus. Lalu tuangkan air setengah gelas. Kemudian saring dan tuangkan 1 sendok makan madu. Minum 1 kali sehari sekaligus.
Mimisan
Seikat daun kangkung yang segar dicuci dan ditumbuk halus. Tambahkan sedikit gula dan seduh dengan segelas air panas. Setelah dingin, saring, minum 2 kali sehari.
Sakit Kepala
Seikat daun kangkung segar direbus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Kemudian air hasil rebusan tersebut diminum.
Ambeien
Segenggam akar kangkung dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.
Insomnia
Daun kangkung sering dikonsumsi dalam bentuk tumis kangkung tanpa batang.
Sakit Gigi
Segenggam akar kangkung ditambahkan setengah sendok teh cuka, kemudian direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
Melancarkan Air Seni
Segenggam akar kangkung direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air rebusannya sekaligus 1 kali sehari.
Menghilangkan Ketombe
Seikat daun kangkung direndam semalaman hingga airnya berwarna kebiruan. Lalu, keramas dengan air rendaman. Sebaiknya dilakukan setiap hari.
Sembelit dan Mual pada Ibu Hamil
Ibu hamil dianjurkan untuk sering mengonsumsi tumisan sayur kangkung.
Gusi Bengkak
Sebanyak 200 gr akar kangkung dicuci bersih, lalu direbus dengan 200 cc air dan 200 cc cuka. Setelah hangat, air rebusan itu digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan hal tersebut berulang-ulang..
Penghilang Sakit Akibat Gigitan Lipan
Kalau digigit lipan, ambil daun kangkung. Lalu dicuci bersih, tambahkan garam secukupnya. Giling sampai halus, bubuhkan di tempat yang sakit, lalu dibalut.
Karena manfaat kangkung sangat banyak, maka jangan malas lagi makan sayuran lezat ini. tapi tetap jangan berlebihan, karena nantinya akan terserang rasa kantuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar