Powered By Blogger

Senin, 26 November 2012

Do you know SECANG???


Berikut beberapa kandungan zat dan fungsinya dari Tanaman Secang :

Saponin yaitu senyawa / zat berbusa atau berbuih disebabkan karena bergabungnya sapogenin non polar dan sisi rantai yang larut dalam air. Maka dari itu, Zat ini akan memnyebabkan rasa pahit pada Secang.

Minyak Astiri yaitu kelompok dari minyak nabati yang mempunyai wujud cairan kental pada suhu ruang, namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas. Aroma ini yang digunakan sebagai bahan analgesik dan stimulan untuk obat sakit perut.

Asam Tanin yaitu senyawa yang berfungsi untuk memperbaiki dinding usus yang rusak akibat asam atau bakteri. Zat ini terdiri dari zat felonik yang dapat bereaksi dengan protein dan membentuk senyawa kompleks. Kegunaan senyawa ini untuk menghentikan pendarahan. 

Brasillin (gugus senyawa : C6H14O5) merupakan senyawa yang berperan memberikan warna  merah pada batang secang, mempunyai sifat larut dalam air dan rasanya manis. Zat ini berguna sebagai anti inflamasi dan melindungi tubuh dari racun karna sifatnya sebagai antioksidan. 

Asam Galat (C6H2(OH)3COOH.H2O : 3,4,5 -trihidoksibenzoat) merupakan golongan asam fenolik, terbentuknya asam ini yaitu dengan pengubahan fenilalanin menjadi asam sinamat melalui proses deaminasi atau pelepasan amonia dari fenilalanin untuk membentuk asam sinamat. Asam ini berfungsi sebagai antioksidan primer yaitu antioksidan yang dapat beroksidasi dengan radikal lipida dan kemudian mengubahnya menjadi produk yang lebih stabil. 

Senyawa Fenol (Asam Fenolik) merupakan Sumber antioksidan yang baik, aktioksidan sangat penting bagi tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas . Radikal bebas yang trbentuk dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai penyakit yang seperti kanker, penyemitan pembuluh darah, jantung koroner, inflamasi, penuaan dini, dan lain sebagainya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar